ilmu2hrd.blogspot.com

Pages

Saturday, April 27, 2019

Ilmu HRD Dasar dan Mudah: Karasteristik Kepribadian berdasarkan urutan kela...


Karasteristik Kepribadian berdasarkan urutan kelahiran


Penting bagi kita untuk tahu, adakah pengaruh urutan kelahiran terhadap karasteritik kepribadian seseorang ?. Adier mengemukan ada pengaruhnya, karena perhatian orang tua terutama Ibu.
Anak pertama,memperoleh perhatian yang tidak terbagi,kehilangan perhatian ketika adiknya lahir, Harus rela melepas untuk adiknya, ini menyebabkan punya rasa melindungi dan perhatian, namun juga ada kejelekannya yakni hostile/memusuhi , takut tidak nyaman, kurang bisa adaptasi,pesimis, konservatif, taat aturan, sebagian besar anak bikin masalah.
Veronika Yasinta Anak Sulung yg sukses jadi PM

Anak Tengah berapapun jumlahnya, dalam perhatian seperti lomba dengan kakaknya,harus berbagi dengan kakaknya, hal ini menyebabkkan punya sikap ambisius, bisa lebih punya sosial dan penyesuaian diri dari kakaknya. Kejelekannya suka memberontak, irihati, tidak mau kalah, susah jadi orang taat  aturan.


Anak terakhir, banyak mendapat perhatian, banyak dilindungi, manja. Kebaikannya jika banyak belajar dan dilatih kecakapannya bisa  lebih unggul dari kakak-kakaknya. Kejelekannya merasa inferior dari orang lain, sebagian besar bermasalah dan kurang adaptasi.

Anak Tunggal, perhatian orang tua tidak dibagi, tidak punya saingan Ayah sebagai saingannya. Hal ini menyebabkan selalu ingin jadi pusat perhatian, malas berkompetisi, selalu merasa benar dan susah menyesuaikan diri.




No comments: